Pengertian Bahasa dan Penggunaan Bahasa yang baik dan benar

  • Pengertian Bahasa

Pengertian bahasa sebagai alat komunikasi merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerjasama dengan sesama.

tujuan utama adanya bahasa sebagai komunikasi ialah untuk ingin memberikan suatu informasi atau pendapat supaya dapat di mengerti oleh orang lain.

bahasa juga dapat berupa lisan ataupun tulisan. contoh lisan  seperti bunyi bedug untuk panggilan menjalan ibadah, bunyi pentungan berkali-kali menandakan ada bahaya. sedangkan contoh tulisan seperti  simbol “P” pada rambu lalulintas berfungsi sebagai tempat parkir, tanda rokok di berikan garis merah di tengah menandakan tidak boleh meroko di tempat itu, dan lain-lain.

  • Pengertian bahasa yang baik

Bahasa yang baik adalah sesuai dengan sasaran kepada siapa bahasa tersebut disampakan, hal ini harus disesuaikan dengan unsur umur, agama, status sosial, lingkungan sosial, dan sudut pandang khalayak sasaran kita. sebagai contoh kertika seorang kepala daerah sedang melakukan pidato harus menggunakan bahasa yang formal, seperti “selamat pagi bapak dan ibu sekalian”. tidak mungkin bericara dengan menggunakan bahasa “hai semua”.

  • Pengertian bahasa yang benar

Bahasa yang benar adalah berkaitan dengan aspek kaidah, yaitu peraturan bahasa (tata bahasa, pilihan kata, tanda baca, dan ejaan). contohnya seperti kata zaman. banyak orang yang memanggilnya dengan jaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s